Ridwan Purwanto, S. Sos., M.I. Kom, Pengusaha Rias Pengantin Di Batam, Pelanggannya Wilayah Kepri hingga Singapura

INGIN melaksananan pesta pernikahan tentu pengantin pria dan wanitanya harus dirias. Namun sebelum melangkah ke masalah mempercantik dan mempergagah wajah, yang paling  utama dibahas masyarakat adalah harga murah dan kualitas terbaik. Pengusaha muda Batam, Ridwan Purwanto SSos MI Kom sejak tahun 2009 lalu telah memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan dan calon pelanggannya.  Bisa dikatakan, tidak ada pelanggannya  yang mengeluh, menyesal dengan pelayanan Ella Rias Pengantin. Bagaimana Ridwan mengelola usahanya sehingga bisa dikenal luas di Batam dan Singapura hingga saat  ini? Berikut wawancara Redaktur Batam Pos, Suprizal Tanjung dengan Ridwan Purwanto, Jumat (1/9/2023).

 

Selamat. Ella Rias Pengantin semakin dikenal masyarakat.

Terima kasih atas apresiasinya.

Bagaimana caranya hingga usaha jasa  ini bisa membesar seperti sekarang?

Ya Alhamdulillah. Kita merintis dari kecil. Datang ke rumah-rumah pelanggan. Ikut berbagai kegiatan untuk melakukan pendekatan dan promosi kepada masyaralat. Jatuh bangun. Itu biasa. Suka duka dilalui dengan tabah dan penuh semangat untuk terus melangkah. Hingga kini alhamdulillah bisa besar seperti sekarang ini. Pelangan datang dari mana-mana. Dari wilayah Batam, Kepri, bahkan sampai dari warga Singapura. Kita terus mengembangkan saya usaha. Dan kita kita sudah mempunyai karyawan tetap dan freelance sebanyak 10 orang dan ini semakin banyak kita butuhkan sesuai dengan jumlah job yang kita kerjakan.

Keliling dan datang ke berbagai daerah?

Betul. Bahkan berbagai job pernikahan di hotel, gedung pertemuan, rumah hingga job di pulau-pulau sekitar Batam juga pernah kami jalani. Berbagai hotel dan gedung persewaan kami rangkul dan bekerja sama untuk mempermudah calon pengantin mendapatkan paket-paket pernikahan yang sesuai dengan keinginan dan budgetnya.

Oh ya. kapasitas Anda sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Politeknik Negeri Batm (Polibatam) apa tidak ada aturan yang melarang PPPK bekerja atau berusaha?

Begini. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan atau sedang berwirausaha, yakni (1) Tidak boleh bertentangan dengan norma dasar, kode etik, kode perilaku sesuai Undang-undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASNJ); (2) Tidak boleh menyalahgunakan wewenang, melanggar ketentuan hari dan jam kerja, menjadi perantara untuk mendapat keuntungan pribadi sesuai ketentuan Disiplin PNS; (3) Tidak boleh menimbulkan konflik kepentingan; (4) Melaporkan harta kekayaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; (5) Tetap memprioritaskan tugas dan tanggungjawabnya sebagai PNS dan memastikan bahwa kegiatan wirausaha yang dilakukan tidak mengganggu kinerja sebagai PNS. Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto saat memberikan sambutan pada Seminar Nasional PNS Berwirausaha di Kantor Pusat BKN Jakarta, Selasa (9/5/2023). Jadi tidak ada aturan yang saya langgar. Boleh berusaha.

Banyak pelanggan tentu semakin banyak juga keuntungan yang diperoleh?

Keuntungan pasti ada. Namanya juga  usaha. Ha ha. Tapi patut kita garisbawahi, bahwa kami membuka usaha ini bukan semata-mata untuk memperoleh keuntungan semata. Kita juga berharap bisa memberikan peluang pekerjaan bagi para karyawan, rekan-rekan atau vendor lainnya. Jadi saling terkait. Saling menguntungkan dan saling memerlukan. Usaha jalan orang lain terbantu secara finansial.

Lantas baju pernikahan apa saja yang disediakan di Ella Rias Pengantin?

Kami berupaya mewujudkan impian pernikahan pelangan dengan berbagai pilihan baju pengantin baik adat maupun modern.

Hanya pakaian?

Awalnya iya. Namun kini kita sudah melebarkan sayap pelayanan jasa ini. Di samping rias pengantin atau andam. Kita juga menyediakan berbagai dekorasi pengantin modern hingga adat, tenda pernikahan, orgen tunggal, dokumentasi pernikahan, catering, henna hingga dekorasi hantaran pernikahan. Pastinya, dengan pengalaman kami sejak 2009 melayani para klien di Batam, Kepulauan Riau hingga Singapura, kami ingin selalu bisa membantu mensukseskan acara pesta pernikahan pernikahan pelanggan dengan berbagai konsep para calon pengantin.

Indonesia banyak suku dan adat bagaimana Ella Rias Pengantin menyingkapinya?

Kota Batam ini sangat unik karena banyak perantau dari berbagai daerah di Indonesia ada di kota industri ini. Jadi adat-adat dan baju adat pengantin dari berbagai daerah di Indonesia juga kami sediakan. Misalnya seperti baju Melayu, Aceh, Jawa, Minang atau Padang, Palembang, Lampung, Sunda, Yogyakarta, Bali, Bugis, Banjar, Tapanuli Selatan dan pakaian adat dari daerah lainnya.

Perlu modal  yang cukup besar?

Kami memulai usaha dari modal yang kecil, dari menyisihkan uang gaji untuk membeli modal usaha baju, make up. Seiring berjalannya usaha, modal tetap diperlukan untuk membesarkan usaha guna semakin meningkatkan layanan kepada pelanggan. Mau tak mau  harus siap. Insya Allah, rezeki ada saja datang dari Allah.

Masalah harga bagaimana? 

Nah. Ini hal paling penting di samping kualitas. Biasanya, kalau harga relatif murah, pelayanan maksimal. Pelanggan suka. Tata rias pengantin akan jalan. Namun kalau,  harga mahal, dengan pelayanan maksimal. Pelanggan belum tentu jadi. Ini sering terjadi. Kita berupaya agar pelanggan tidak kecewa, tidak merasa keberatan dengan harga.  Jadi, begitu ditawar langsung jadi. Itu  harapan kami. Caranya bagaimana? Kami menyediakan berbagai pilihan paket yang bisa dipilih dengan kondisi keuangan dan pilihan paket yang didapatkan. Ya dengan harga relatif banyak pilihan paket. Kami selalu menekankan, Ella Rias Pengantin Batam senantiasa memberikan layanan yang terbaik bagi para klien dari sisi harga hingga pelayanan.

Ada peran istri di sini?

Tentu. Andam atau make up artis senantiasa dipegang langsung Nur Laela istri saya yang lebih dikenal dengan panggilan Ella. Dia mengawali bekerja dengan andam hingga akhirnya saya dorong  untuk membuka sendiri usaha ini. Guna menjaga kualitas atau hasil make up, saya mendukung dia untuk senantiasa mengikuti kursus, private class make up dari para make up ternama di Jakarta, Bandung, hingga mengikuti sertifikasi Tata Rias dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Alhamdulillah meski kini di Batam sudah banyak perias pengantin atau usaha yang sama namun kami tetap eksis. Ini justru baik bagi para calon pengantin. Mereka memiliki banyak alternatif pilihan penyedia jasa tata rias pengantin yang sesuai dengan keinginan. Untuk layanan konsultasi silahkan dan order silahkan hubungi WA atau HP 0813-7270-3799 atau silahkan berkunjung ke galeri kami di Bengkong Kolam Mas Blok E No 22 RT 3 RW 19 Sadai Bengkong Kota Batam Kepri 29457, di samping Perumahan Cahaya Garden Tahap 2). (***)

 









Biografi

Ridwan Purwanto S Sos MI Kom

Pendidikan

S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo

S2 Magister Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo

Keluarga

Istri: Nur Laela

Anak: 3 Anak

Medsos

IG: Ella Rias Pengantin Batam Official, Nurlaela Purwanto

Fb: YouTube, Tik Tok: Ella Rias Pengantin Batam

Reporter: Suprizal Tanjung

Sumber: https://metro.batampos.co.id/ridwan-purwanto-ssos-mi-kom-pengusaha-rias-pengantin/

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Make Up Prewedding Di Kota Batam, Ya Ella Rias Pengantin Batam

Wedding Syar'i Di Kota Batam Warna Peach by Ella Rias Pengantin Batam

Rias Pengantin Syar'i di Singapura by Ella Rias Pengantin Batam